THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Wednesday, October 21, 2009

Honda Civic VS Toyota Corolla

Seperti kita ketahui bersama, pabrikan Honda dan Toyota asal Jepang mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Mereka bersaing dalam tiap kelas, antara lain:
- Honda Jazz VS Toyota Yaris di kelas city car/mini MPV.
- Honda City VS Toyota Vios di kelas small sedaan.
- Honda Civic VS Toyota Corolla di kelas medium sedaan.
- Honda Accord VS Toyota Camry di kelas big sedaan.
- Honda Insight VS Toyota Prius di kelas hybrid.
- Honda Freed VS Toyota Kijang Innova di kelas MPV.
- Honda CRV VS Toyota Fortuner di kelas SUV

Saya akan membahas persaingan antara Honda Civic VS Toyota Corolla. Toyota Corolla lahir pertama kali tahun 1966 dan Honda Civic di tahun 1972.
Kehadiran mereka di Indonesia pada saat itu adalah sebagai sedan yang mewah. Persaingan mereka di Indonesia dalam angka penjualan tidaklah berbeda jauh, dengan kata lain penjualan mereka hampir sebanding. Namun tidak demikian yang terjadi pada generasi terakhir dari mobil-mobil ini. Honda Civic berhasil mengungguli jauh Toyota Corolla. Dari segi spesifikasi, keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama, baik dari mesin, dimensi, maupun fitur2 kelengkapan.

Honda Civic memiliki model futuristis yang berhasil memikat masyarakat Indonesia untuk memilihnya. Namun bukan berarti Toyota Corolla jelek. Toyota Corolla memiliki model yang konvensional namun elegan.

Dari segi harga, harga Honda Civic berada pada rentang 334 – 398 juta rupiah. Toyota Corolla berada pada rentang 320,5 – 372,5 juta rupiah.Walaupun terlihat bahwa harga Toyota Corolla lebih murah dibandingkan Honda Civic, tetap saja Toyota Corolla tidak mampu melawan kedahsyatan pesona Honda Civic.

0 comments: