THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Thursday, October 1, 2009

Keunikan Wanita

Perilaku wanita dalam berbelanja memang tidak bisa ditebak. Berbelanja merupakan kesenangan tersendiri bagi kaum wanita. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memilih barang-barang yang akan mereka beli, lalu mereka pun rela menghabiskan uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk memenuhi hasrat mereka memiliki barang-barang tersebut.

Namun terkadang hasrat kam wanita dalam berbelanja terlalu berlebihan. Mereka mulai membeli barang-barang yang sebetulnya tidak mereka butuhkan. Motivasi mereka dalam membeli barang sudah mulai bergeser. Awalnya mereka membeli apa yang mereka butuhkan, namun seiring perkembangan zaman dan perkembangan tren fashion, akhirnya mereka pun membeli barang-barang untuk mengikuti tren fashion tersebut.

Berdasarkan keempat faktor dalam seseorang mengambil keputusan (economic needs, psychological variables, social influences, dan purchase situation), pada zaman sekarang ini faktor psychological dan social influences lebih berperan dalam diri seseorang dalam memutuskan akan membeli barang atau tidak. Seperti yang terlihat dalam film Confessions of a Shopaholic, di dalam film itu diceritakan seorang gadis yang tergila-gila dengan barang-barang bermerek. Walaupun ia tidak membutuhkan barang tersebut, tetapi ia akan rela membeli barang tersebut sampai-sampai seluruh kartu kreditnya menyentuh limit dan ia tidak mampu membayarnya. Di film ini terlihat betapa orientasi berpikir gadis tersebut sudah melenceng jauh. Membeli suatu barang bukan karena fungsi dasar akan produk tersebut, melainkan karena gengsi yang akan ia dapatkan ketika menggunakan barang tersebut.

Merek-merek terkenal seperti Gucci, Prada, Louis Vuitton, dan sebagainya memang sangat hebat dalam menciptakan image yang kuat di pasaran. Mereka mengerti apa yang kaum wanita butuhkan. Para pemakai merek-merek tersebut akan merasakan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang akan membuat mereka merasa percaya diri, merasa bangga, merasa eksklusif, dan sebagainya yang akan membuat diri mereka terasa spesial.

Kaum wanita memang unik. Di balik kelemahlembutan mereka, tersimpan sejuta misteri dalam diri mereka. Misteri yang sulit untuk diungkapkan karena kaum wanita sulit untuk mengungkapkannya secara langsung, kaum pria lah yang seharusnya lebih peka untuk mengerti kaum wanita. Di dalam film What Women Wants, terlihat jelas bahwa pria lebih sering bertindak yang tidak sesuai dengan apa yang wanita inginkan. Ini terbukti pada saat Nick Marshall belum bisa mengetahui apa yang wanita pikirkan dan setelah ia bisa. Semua kelakuan yang telah sering ia lakukan ternyata banyak yang tidak berkenan di hati para wanita.
Pada dasarnya, keinginan wanita hanyalah satu, yaitu perhatian. Apabila pada dasarnya sudah ada perhatian dari kaum pria terhadap kaum wanita, hal-hal lainnya seperti kasih sayang, cinta kasih, atau bahkan materi pun akan berjalan dengan sendirinya. (GLEN REINNER)

0 comments: